jurnal ilmu manajemen

Mengenal Jurnal Ilmu Manajemen, Serta Cara Membuatnya Dengan Baik

Diposting pada

Pada dasarnya jurnal ilmiah, termasuk jurnal ilmu manajemen, sendiri. Tidak lain melakukan publikasi secara berkala, pada pihak penerbit akademik. Dimana yang dibahas dalam hal ini tidak lain, laporan penelitian terbaru, yang tujuannya tidak lain,untuk memajukan ilmu pengetahuan itu sendiri. Karena pada dasarnya jurnal ilmiah sendiri, tidak lain sebagai salah satu bentuk dari media publikasi dari karya tulis ilmiah.

Baca Juga: Intip Sejumlah Fakta Menarik Seputar Universitas Swasta di Jakarta Berikut Ini!

Apa itu jurnal ilmu manajemen

Jadi seperti yang seintas disebutkan diatas, bahwa jurnal atau yang kerap disingkat jadi JIM tersebut, mempunyai peranan yang kurang lebih sama dengan Karya Tulis Ilmiah. Adapun pengertian jurnal ilmu manajemen tersebut adalah membuat sebuah jurnal atau penelitian yang berhubungan dengan ilmu manajemen itu sendiri.

Adapun tujuan dari dibuatnya jurnal tersebut, tidak lain untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Dimana hasil penelitian tersebut, harus berasal dari pemikiran sendiri. Mengingat jurnal yang akan dibuat kali ni adalah jurnal ilmu manajemen. Maka sudah pasti, jurnal yang dibuat tidak lain adalah hasil penelitian, yang berasal dari pemikiran pada bidang manajemen (seperti keuangan, Sumber Daya Manusia, dan juga pemasaran).

Baca Juga: Tidak Semua Kampus Swasta Mahal, Ini Daftar Universitas Swasta Termurah di Jakarta

Umumnya untuk membuat jurnal atau JIM tersebut, akan dilakukan oleh para akademisi, mahasiswa, dan juga para praktisi.

Cara Membuat Jurnal

Demikian pula dalam proses pembuatan JIM, tentunya tidak jauh berbeda dengan pembuatan jurnal pada umumnya. Terdapat konsep jurnal ilmu manajemen yang perlu diperhatikan dengan baik. Selain itu, pokok bahasan yang akan dibahas, pastinya harus berhubungan dengan ilmu manajemen itu sendiri. Berikut ini adalah konsep pembuatan jurnal, antara lain :

  1. Judul penelitian

Seperti biasa, hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika membuat sebuah jurnal adalah judul penelitian. Judul yang ditulis harus jelas, dan tidak ambigu. Pastikan judul tersebut mampu mengidentifikasi isi dalam artikel tersebut.

  1. Nama penulis dan afiliasi penulis

Dalam penulisan nama penulis, sebaiknya tanpa titel dan juga gelar akademis. Apabila penulis lebih dari 1 orang, sebaiknya tulis semua nama penulis tersebut.

Untuk afiliasi, sebaiknya sebutkan nama jurusan atau program studi, fakultas, dan juga universitas penulis.tidak ada salahnya cantuman juga alamat penulis dan biodata, termasuk negara asal penulis itu sendiri.

  1. Astrak

Bisanya ditulis dalam bahasa Inggris, yang sisinya tentang isu isu pokok, metoda, tujuan penelitian, atau juga pendekatan serta hasil kegiatan.

  1. Keywords

Biasanya maksimal ditulis 5 buah kata kunci/ keywords, semuanya ditulis dalam bahasa Inggris.

  1. Pendahuluan

Isinya menyajikan latar belakang dari dipilihnya tema atau judul artikel.

  1. Metode penelitian

Mendeskripsikan tentang jenis penelitian, cara memperoleh data yang ada, serta analisis data yang telah diperoleh.

  1. Hasil dan pembahasan

Membahas tentang hasil penelitian, baik secara teoritis hingga praktis.

  1. Kesimpulan

Berisi kesimpulan penelitian agenda penelitian berikutnya, serta keterbatasan peneliti.

  1. Daftar pustaka

Berisi tentang aneka informasi terutama referensi buku atau referensi yang diambil oleh pihak penulis.

Demikianlah beberapa ulasan, tentang pengertian, serta bagaimana cara menulis jurnal ilmu manajemen tersebut, dengan baik, sesuai aturan yang ada.