Kenali Lebih Dekat Sejarah Ilmu Manajemen Yang Sebenarnya

 

Sejarah Ilmu Manajemen – Apakah Anda pernah mendengar istilah manajemen? Tentu pernah bukan? Istilah ini sangat sering didengar oleh telinga masyarakat Indonesia. Manajemen yang sering Anda dengar tersebut sebenarnya memiliki pengertian tersendiri. Manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengkoordinasian sumber daya (orang) agar bisa mencapai tujuan dari organisasi atau lembaga tertetu secara efektif dan efisien. Artinya manajemen memungkinkan sebuah organisasi atau lembaga untuk mencapai sebuah tujuan yang sama. Kini Anda sudah memahami sedikit bukan mengenai ilmu manajemen. Lalu bagaimana sejarah ilmu manajemen yang sebenarnya? Sejak awal kemunculannya hingga saat ini? Jika Anda bertanya akan hal tersebut, berikut ini uraiannya.

Perkembangan Sejarah Ilmu Manajemen

Sebelum memasuki bagaimana sejarah ilmu manajemen, mulanya Anda perlu memahami bagaimana perkembangan sejarahnya terlebih dahulu. Karena ketika kita berbicara mengenai sejarah maka akan erat kaitannya dengan perkembangan. Mari kita ulas bagaimana perkembangan ilmu manajemen dari waktu ke waktu.

  1. Awal kemunculannya

Yang pertama mari kita singgung berawal dari kemunculannya. Pada mulanya ilmu manajemen mulai muncul pada sebelum abad ke 20. Lebih tepatnya paada tahun 1776, saat itu ada seorang penulis menciptakan karya tulisan dengan tema doktrin ekonomi klasik dengan judul the wealth of nation. Pada bukunya tersebut berisikan tentang keunggulan ekonomi ketika adanya pembagian kerja. Berawal dari karya seorang penulis ini kemudian manajemen mulai dilirik oleh banyak kalangan.

  1. Memasuki era manajemen ilmiah

Sejarah ilmu manajemen berlanjut dengan hadirnya teori administratif. Teori ini menggambarkan mengenai hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang manager dan apa saja yang perlu dilakukan untuk membentuk sebuah praktik manajemen yang baik. Dengan hadirnya teori tersebut kemudian era ini disebut sebagai era manajemen ilmiah.

  1. Memasuki era manusia sosial

Perjalanan perkembangan ilmu manajemen berlanjut memasuki era manusia sosial. Pada era ini, ditandai dengan munculnya sebuah mahzab perilaku (behavioral school).  Didalam mahzab ini memuat berbagai teori yang pada intinya norma-norma yang berlau pada sosial, atau standar kelompok itu menjadi penentu bagaimana perilaku kerja bagi setiap individu.

  1. Memasuki era modern

Setelah melewati berbagai era, sejarah ilmu manajemen berlanjut memasuki era modern. Para era ini ditandia dengan munculnya sebuah konsep manajemen kualitas total (total quality management). Pada konsep ini menyatakan bahwa permasalahan dari kualitas itu bukan berasal dari kesalahan para pekerja, namun berdasarkan kesalahan sistem. Oleh sebab itu pada konsep ini kemudian dijelaskan bagaimana memperbaiki kualitas sistem.

Itulah tadi berbagai rangkaian dari perkembangan mengenai ilmu manajemen. Mulai dari awal kemunculan, hingga memasuki berbagai era sampai pada era modern seperti saat ini. Pada intinya manajemen sangatlah penting, baik itu bagi sebuah organisasi tertentu maupun bagi sebuah perusahaan. Dengan adanya sistem manajemen maka segala sesuatu bisa diatur dengan baik. Organisasi atau perusahaan akan terlihat baik jika sistem manajemen didalamnya juga baik, begitupun sebaliknya. Jika sistem manajemen tidak baik maka akan berpengaruh pula pada perusahaan atau organisasi tersebut.

Bagaimana menurut Anda setelah mendengar berbagai sejarah tentang ilmu manajemen? Apakah Anda mulai tertarik menerapkan ilmu manajemen di dalam perusahaan atau organisasi yang sedang Anda jalani? Jawabannya ada ditangan Anda. Demikian tadi sedikit informasi yang bisa kami bagikan untuk Anda mengenai perkembangan sejarah ilmu manajemen. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan bisa dijadikan sebagai refrensi bacaan yang menarik untuk Anda.

Respond For " Kenali Lebih Dekat Sejarah Ilmu Manajemen Yang Sebenarnya "