Mengenal Lebih dalam Mengenai Manajemen Operasional

Manajemen operasional – Dalam menjalankan suatu bisnis atau organisasi tertentu manejemen sangat dibutuhkan ada didalamnya. Hal ini karena manejemen memegang peranan yang penting dalam mencapai tujuan yang dimiliki oleh bisnis atau organisasi tersebut. Pengertian manejemen itu sendiri secara singkat dapat dipahami sebagai suatu proses untuk mengambil keputusan, membuat perencanaan, melakukan arahan, melakukan pengawasan dan pengorganisasian terhadap jalannya bisnis demi mencapai tujuan perusahaan yang dibangun. Manejemen terdiri dari beberapa jenis. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manajemen operasional yang sangat penting dalam menjalankan suatu perusahaan yang sedang Anda bangun. Silahkan simak informasi lebih lengkapnya dibawah ini untuk mengenal lebih dalam jenis manejemen satu ini.

Definisi Manajemen Operasional

Dalam hal menjalankan suatu bisnis pengertian manajemen operasional itu sendiri adalah upaya yang dilakukan dalam proses pengambilan keputusan tentang penggunaan sumber daya untuk perusahaan. Hal ini berkaitan dengan kegiatan produksi oleh perusahaan dalam rangka menghasilkan barang atau jasa yang sesuai dengan bidang kerja perusahaan tersebut. Semua kegiatan produksi tersebut harus sesuai dengan tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu serta penggunaan alokasi dana yang efektif serta efisien. Orang yang mengatur hal ini biasa disebut dengan manajer operasional. Tugas utama seorang manejer operasional adalah memastikan semua output yang dilakukan oleh perusahaan memiliki kualitas serta kuantitasnya sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh klien atau pelanggan.

Fungsi Manejemen Operasional

Setelah mengetahui apa itu manajemen operasional selanjutnya Anda juga harus mengetahui apa saja fungsinya. Fungsi yang pertama adalah perusahaan jadi dapat mengontrol aktivitas produksi yang dilakukan. Dalam memproduksi suatu barang hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kualitas dan kuantitas yang dimiliki oleh bahan baku untuk produksi. Bahan baku yang digunakan akan sangat mempengaruhi hasil produksi yang didapat. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan atau klien terhadap kinerja perusahaan maka Anda harus memperhatikan secara teliti hasil dari produksi yang dibuat. Selain itu segala hal mengenai kegiatan produksi juga harus terkontrol dengan baik seperti waktu serta dana yang lebih efesien.

Sedangkan fungsi yang kedua adalah perusahaan bisa lebih menghemat pengeluaran yang dilakukan selama proses produksi yang dilakukan. Hal ini berkenaan dengan penggunaan dana yang sesuai dan jelas. Sehingga tidak ada dana yang terbuang sia-sia atau dana yang salah  penggunaannya. Yang paling penting dana yang dikeluarkan sudah benar-benar cukup untuk membuat hasil produksi yang sesuai standar dan dapat dipertanggung jawabkan. Sebab ini akan mempengaruhi kepuasaan pelanggan serta nama dari perusahaan yang Anda kelola. Memaksimalkan fungsi menejer operasional sangat penting untuk dilakukan dengan tepat.

Peranan Manejer Operasional dalam Perusahaan

Beberapa tugas penting seorang manejer operasional yang baik dan benar:

  • Merencanakan kualitas dan kuantitas bahan baku dalam produksi
  • Mengatur letak pabrik
  • Mengatur kondisi dan lokasi gudang
  • Mengontrol fungsi mesin secara berkala agar aktifitas mobilitas bisa berjalan dengan waktu yang lebih efisien
  • Memelihara peralatan yang ada dalam pabrik untuk menjamin produksi bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan suatu apapun
  • Menciptakan strategi-strategi membuat produk yang lebih berkualitas serta lebih unik sehingga berbeda dari produk pesaing lain sehingga dapat menjadi kenggulan dari perusahaan yang dikelola
  • Menentukan pembagian waktu yang efisien untuk semua tenaga kerja sehingga dapat mengatur bayaran untuk tenaga kerja yang paling sesuai tanpa memberatkan perusahaan atau merugikan tenaga kerja itu sendiri
  • Bertanggung jawab terhadap segala hal yang berkaitan dengan produksi perusahaan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Respond For " Mengenal Lebih dalam Mengenai Manajemen Operasional "